Hari Kesaktian Pancasila

tujuh pahlawan revolusi, G 30 S/PKI, Komunis, hikmah dari peristiwa 1 oktober, upacara hari kesaktian pancasila

hari kesaktian pancasila merupakan sebuah tombak sejarah yang sangat besar bagi bangsa indonesia karena telah gugurnya pahlawan revolusi yang di fitnah demi membela bangsa tanah air Indonesia tercinta ini. yaitu dengan gugurnya ke-6 (enam) Jenderal dan 1 (satu) Perwira Menengah TNI Angkatan Darat yang diantaranya daftar ke tujuh pahlawan revolusi adalah sebagai berikut : "Jenderal Anumerta Ahmad Yani , Letjen Anumerta Suwondo parman , Letjen Anumerta Suprapto. Mayjen Anumerta Pandjaitan, Mayjen Anumerta Sutoyo Siswomiharjo, Letjen Anumerta M.T.Haryono, Kapten Anumerta Piere Tendean" , dari ke 7 pahlawan tersebut dapat kita ambil hikmah yang sangat besar dan dapat kita pelajari bahwa suatu pengorbanan mereka harus kita hargai dan peringati dengan berlangsungnya di tanggal 1 oktober . dengan memberontaknya suatu gerakan yang masuk kedalam sistem pemerintahan Negara Indonesia pada saat itu yang dinamakan dengan G 30 S/PKI, yang di ketuai oleh D.N.Aidit.


yang ingin mencoba meruntuhkan kedudukan sistem kesatuan pemerintahan Negara Indonesia menjadi KOMUNIS. komunis yang artinya seseorang yang menganut paham anti tuhan. maksudnya tidak memiliki tuhan yang maha esa didalam hidupnya. maka dari itu badan pertahanan negaralah yang menjadi sasaran utamanya sehingga dibuat fitnah-fitnah yang berlangsungnya perpecahan di negara indonesia pada saat itu. sehingga akhirnya gugurlah ke tujuh pahlawan yang di kenal dengan nama pahlawan REVOLUSI yang tetap setia pada janji dan sumpahnya untuk membela tanah air negara kesatuan republik indonesia yang tercinta ini.


mungkin banyak sekali hikmah, pelajaran yang dapat kita petik dan ambil dari peristiwa 1 oktober ini. karena merupakan sebuah motivasi , dorongan , semangat untuk kaum-kaum muda penerus bangsa di masa yang akan datang. dan bisa dijadikan sebuah tolak ukur dan acuan agar kita menjaga negara kesatuan republik indonesia ini agar bebas dari segala macam jajahan serta hasutan-hasutan yang akan tujuan intinya akan meruntuhkan kesatuan Republik Indonesia.

dengan memperingati peringatan peristiwa 1 Oktober 1965 kita pun harus menghargai segala jasa-jasa para pahlawan yan telah gugur di medan perang demi tujuan intinya mempersatukan negaran indonesia, agar bisa membuat bangsa indonesia ini berkembang dan maju. dan harus kita lihat juga nilai sebuah pancasialis dari sebuah arti dari pancasila yaitu pada sila ke -1 dengan berisikan "ketuhanan yang maha esa" maka dari itu sudah sepatutnya kita sebagai bangsa indonesia berketuhanan yang maha esa. apapun ras dan dalam perbedaan agama kita harus tetap bersatu dan kokoh guna menjadikan indonesia ini makmur dan lestari.

dan biasanya sebuah peringatan mengenang gugurnya para pahlawan ini pemerintah selalu mengadakan sebuah upacara penghormatan kepada para arwah para pahlawan revolusi yang tepatnya di daerah kawasan lubang buaya, Pondok Gede. agar lebih bisa khidmat dan amal serta jasa-jasa para pahlawan revolusi di terima disisinya. amin . dan mungkin bagi kawan-kawan ingin melihat bukti sejarah terjadinya gugurnya para pahlawan revolusi bisa berkunjung langsung ke lokasi Lubang Buaya, disana terdapat semua bukti-bukti sejarah. semoga dengan memperingati hari kesaktian pancasila ini kita bangsa indonesia harus selalu terus, membangun, membela, memajukan bangsa kita indonesia ini agar lebih baik dari sebelumnya. mungkin hanya itu dulu yang dapat saya sampaikan. semoga bermanfaat dan bisa kita pelajari semua hikmahnya ... semoga arwah para pahlawan revolusi selalu di beri ketenangan di alam sana.amin ya allah ya rabbal alamin ....



>Kreasi Fathan<

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hari Kesaktian Pancasila

0 comments:

Post a Comment