10 tips mudik dengan sepeda motor (aman)

info mudik lebaran 2012


10 tips mudik dengan sepeda motor (aman) - mungkin pada sebelum-sebelumnya saya sudah sempatkan memposting rute-rute jalan dalam peta kawasan pulau jawa dan pulau sumatra, nah dan pastinya kawan-kawan pun sebagai pemudik yang ingin pulang ke kampung halamannya masing dan sudah tak sabar kembali ingin bertemu dengan sanak saudaranya. dan pasti ada yang memakai transportasi darat, laut, maupun udara. pada kali ini saya akan bagikan beberapa tips aman dalam bermudik lebaran tahun 2012 kali ini yaitu bermudik menggunakan sepeda motor. tentunya sangat banyak sekali dalam hal pemudik-pemudik yang memakai sepeda motor.


dari mulai pemudik antar kota, bahkan ada juga pemudik sepeda motor yang mudiknya sampai-sampai antar provinsi hanya dengan bermodalkan sepeda motor, bisa di bayangkan oleh kawan-kawan semua betapa lama waktu di perjalanan yang akan di tempuh dalam perjalanan mudiknya. pastinya kawan-kawan semuanya pun harus mempersiapkan kendaraan sepeda motor kawan-kawan dengan penuh keamanan dan dalam kondisi sehat. tidak mungkin bila sebuah sepeda motor akan bepergian jauh bila keadaan motornya kurang sehat atau butuh perbaiakan terlebih dahulu. baik di bawah ini adalah sedikit beberapa tips dalam berkendara menjelang mudik lebaran 2012 pada tahun kali ini :

  1. Sebelum memulai aktifitas bermudiknya, pastikan terlebih dahulu keadaan sepeda motor kawan-kawan semuanya , apakah sudah siap untuk beraktifitas atau belum. bila belum tune up lah sepeda motor kawan-kawan dengan membawa sepeda motor kawan ke bengkel-bengkel yang terdekat yang menurut kawan-kawan bengkel tersebut bisa dipercaya. seperti mengecek :
  2. membawa orderdil motor cadangan seperti kabel kopling, kabel gas, Lampu, dll seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya yang ada di atas.
  3. persiapkan peralatan tempur lainnya, seperti Jas Hujan, Sepatu Boat anti Air, Jaket Tebal Tahan Angin, Sarung Tangan, Kaca Mata Touring, masker, dan yang pasti Helm/Helmets karena kita wajib patuh pada peraturan lalu lintas yang ditetapkan oleh POLISI.
  4. Bawalah Barang Bawaan Secukupnya, karena bila barang bawaan tidak sesuai dengan tempat di motor, khawatirnya menjadikan bobot motor menjadi berat.
  5. persiapkan Diri Kawan-kawan, dengan penuh banyak istirahat yang full, karena mudik memerlukan banyak waktu serta banyak menguras tenaga selama di perjalanan. di usahakan dalam keadaan yang benar-benar fit.
  6. mengecek situasi serta kondisi rute yang akan di lalui, dimana dan kapankah rute tersebut akan mengalami kemacetan jalan. dengan melihat situasi melalui stasiun layar televisi ataupun melalui media Internet.
  7. aturlah kecepatan berkendara sepeda motor kawan-kawan, normalnya 60 Km/h , diusahakan jangan berkebut-kebutan di jalan raya. karena bisa membahayakan kita serta orang lain. dan akibatnya maut terakhirnya
  8. selama di perjalanan, jangan sampai dari mulai berangkat mudik sampai ke lokasi tujuan , tidak ada jeda istirahatnya. diusahakan beristirahat sejenak setiap beberapa kilo yang sudah di tempuh . karena bisa meringankan kondisi badan kita, dan juga kondisi motor kita.
  9. dan yang pasti , yang sangat di pentingkan. membawa persedian uang yang banyak selama di perjalanan. karena sangat di takutkan dalam perjalanan terjadi apa-apa yang tak bisa kita duga.
  10. Berdoa lah agar semua kita yang akan bermudik yang akan menempuh rute jauh, selamat sampai ke tujuan. dan di lindungi oleh Allah. swt.

mungkin demikian 10 tips aman mudik dengan sepeda motor yang dapat saya sampaikan,semoga bisa membantu kawan-kawan yang akan bermudik pada mudik lebaran 2012 kali ini. semoga di beri kelancaran di perjalanannya. sehingga bisa bertemu dengan sanak saudara yang sudah diangan-angan yang lama tidak bertemu. cukup sekian dulu. nantikan pada postingan selanjutnya. thanks before, .


>kreasi-fathan<

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 tips mudik dengan sepeda motor (aman)

6 comments:

  1. berdoa dan istrirahat, menjadi modal penting bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor.. :)

    ReplyDelete
  2. Lebih baik lagi kalau mudiknya bersama2 dengan orang lain yang satu tujuan, setidaknya bisa saling membantu di jalan jika ada Trouble Gan..

    Pengalaman ane selama Touring, maklum anak motor.. hehe

    ReplyDelete
  3. @a.i.r : siph sob..itu memang yang paling intinya :D

    @Ngurah Adis: iya sob.. lebih kompak, n lebih rame hehe, kerasa sama ane juga. klo boleh tau agan anak motor apa, mna yah?

    ReplyDelete
  4. @Arman: makasih jga dah mampir sob ...

    ReplyDelete
  5. wah nice info, dan juga jangan gampang terbawa emosi supaya mudik nya lancar :D

    ReplyDelete