cara agar puasa kuat (9 tips)

menjadikan tubuh kuat saat puasa, tips kuat dalam puasa


cara agar puasa kuat ( 10 tips) - berpuasa di bulan ramadhan merupakan sebuah kewajiban bagi umat muslim yang sudah baleg/akhil balihg atau istilah umumnya cukup umur. dengan tujuannya menahan hawa lapar dan haus serta menahan hawa nafsu serta dll. yang sebelumnya menjadi rutinitas keseharian kita. menahan lapar dari mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari. disamping itu harus di seimbangkan dengan ketahanan kondisi tubuh kita, dibawah ini adalah beberapa tips agar puasa kita kuat :

1. di saat kita sahur, biasakan lah memakan makanan yang berserat gizi yang tinggi, sehingga bisa menjadikan ketahanan tubuh kita selalu tetap terjaga. seperti contohnya sayur-sayuran, tempe, tahu, dll.

2. perbanyaklah minum air putih, karena air putih dapat membatu pola percernaan kita selama berpuasa ini. dan menjaga ksatabilan tubuh kita agar tidak haus.

3. beraktifitas lah walau hanya itu di bulan puasa, mengapa demikian? karena dapat menjadikan tulang-tulang menjadi tidak beku.. atau tidak bekerja sama sekali bila kita hanya diam atau tidur saja selama bulan puasa ini. dengan beraktifitas otomatis sel-sel yang ada di dalam tubuh kita menjadi bekerja dan kuat.

4. pada saat berbuka puasa, makanlah makanan yang sekiranya akan dimakan, jangan sampai banyak makanan yang ada di meja makan di ambil semua oleh kita.

5. konsumsilah dan perbanyak makan buah-buahan, karena didalam buah itu terdapat serat-serat gizi yang terkumpul banyak sekali.

6. perbanyak minuman serta makan yang manis-manis, seperti kolak , buah kurma, karena dengan yang manis-manis kekuatan tubuh kita bisa stabil.

7. mandi pun bisa berpengaruh untuk menjadikan kuasa kuat, karena dengan mandi dapat menjadikan tubuh kita bisa lebih segar dan tidak panas dalam. pada umumnya orang-orang dalam bulan puasa biasanya kadang-kadang dalam melakukan aktifitas mandi. paling mandi dilakukan pada waktu sore hari saja.

8. perbanyaklah olahraga pula menjelang buka puasa, karena menjadikan tubuh lebih sehat seperti semualnya.

9. yang paling terpenting , dengan niat kita menjalankan puasa. tubuh kita akan terjaga dalam puasanya.

mungkin hanya itu yang sekarang dapat saya sampaikan, tentang cara agar puasa kita kuat . semoga bermanfaat khusunya untuk saya sendiri, umumnya untuk kawan-kawan semuanya yang sedang menjalankan ibadah puasa/shaum . pada bulan ramadhan 1433/H tahun ini. cukup sekian nantikan kembali pada edisi selanjutnya tentang ramadhan.


>Kreasi-Fathan<

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : cara agar puasa kuat (9 tips)

1 comments: