hal-hal yang membatalkan puasa (4 hal)


hal-hal yang membatalkan puasa (4 hal) -- salam semangat kawan-kawan semua, semoga kawan-kawan semuanya masih di beri kekuatan dalam menjalankan ibadah puasa pada hari sekarang sampai akhir nanti, yang tidak terasa sudah melewati hari ke 4. semoga amal ibadah kita di ridhai allah swt. dan di berkahinya. pada kali ini ada sedikit hal yang ingin saya sampaikan buat kawan-kawan semuanya yang sedang menjalankan ibadah puasa pada tahun ini, tentunya untuk umat muslim di seluruh pelosok negeri. diantaranya adalah hal-hal apa saja sih yang dapat membantalkan puasa kita sehingga menjadi batal, kita disini sharing-sharing saja. mungkin berikut beberapa hal-hal yang diantaranya dapat membatalkan ibadah puasa kita :

1). Makan dan Minum

didalam puasa tentunya kawan-kawan pun sudah mengetahui bahwa tujuan utamanya adalah menahan lapar dan haus, dengan tidak makan dan minum dari mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari tersebut sampai tiba ke saat waktunya buka puasa. jadi jdi intinya bila makan dan minum disaat puasa dapat membatalkan puasa kita.

2). emosi, marah-marah di saat puasa

mungkin kalau misalnya kita sudah berhasil menahan rasa lapar dan haus kita di bulan puasa ini , apakah itu semua bisa menjadikan puasa kita benar? menurut saya di dalam puasa pun di wajibkan untuk menahan segala emosi dan amarah kita pada saat itu. banyak orang bertanya tentang itu. tentunya kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan pada saat bulan-bulan lainnya selai bulan puasa yaitu diantaranya emosi, marah-marah, mungkin intinya segitu saja. kenapa ya ko marah-marah bisa dapat mebatalkan puasa kita? mungkin tak hanya itu saja seseorang pun tidak akan lepas dari sebuah sifat yang diantaranya dendam pada seseorang, iri, dengki, yang sering kita ketahui yaitu membicarakan kejelakan orang lain.

memang pada dasarnya , melakukan setiap perbuatan yang ada di point kedua itu tidak batal. tapi pada intinya seseorang tersebut tidak mendapatkan hikmah atau pelajaran yang dapat diambil dari puasa yang kita jaani saat ini. belum terbiasa mengendalikan hawa-nafsu. sehingga tidak terkontrol kendalinya. memang saya sendir pun merasa ada bila rasa emosi, marah itu datang. tapi saya berusaha untuk bisa menahannya sehingga puasa kita diridhai allah.

3). melakukan hubungan suami-istri

pada point yang ke 4 ini mungkin pada dasarnya orang-orang pun sudah mengetahuinya yaitu melakukan hubungan suami-istri, kenapa yah bisa batal? dalam Q.S Al-Baqarah :187 , menjelaskan bahwa " Dihalalkan bagi kamu pada malam hari di bulan puasa bercampur dengan istri-istrimu, mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka. allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu.."

jika sepasang suami-istri tersebut melanggar aturan diatas yang tentunya pada bulan puasa ini, seseorang tersebut diwajibkan agar membayar kifarat, yang diantaranya yaitu :
1. memerdekakan budak.
2. jika tidak mampu pada yang ke (1) puasa 2 bulan berturut-turut.
3. bersedekah yang mengenyangkan 60 fakir miskin,
ketentuan 3/4 liter per orang.

memang pada umumnya hawa nafsu untuk melakukan sebuah hubungan suami-istri selalu besar. jadi pada intinya seseorang yang berpasangan tidak di perbolehkan melakukan sebuah hubungan suami istri di siang hari, kecuali pada malam hari.


4). mengalami Haid atau Nifas (bagi kaum perempuan)

Didalam ibadah puasa bagi wanita, di beri keringanan agar bisa menggantikan puasanya di lain hari atau dalam istilah lainnya di Qodo. selalin itu juga bila wanita tersebut mengeluarkan daah Nifas ( Sesaat setelah melahirkan).

mungkin hanya segituh hal-hal yang dapat membatalkan puasa yang dapat saya ketahui, sekedar shari-sharing saja buat kawan-kawan semuanya. semoga amal ibadah puasa kali ini di ridhai allah.swt, dan di beri kelancaran dalam menjalankan puasanya. amin ya allah ya rabbal alamin. thanks for visiting, thanks before


>kreasi-fathan<

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : hal-hal yang membatalkan puasa (4 hal)

0 comments:

Post a Comment