hikmah serta Manfaat berpuasa bagi kesehatan

marhaban ya ramdhan, puasa, manfaat


mungkin pada hari yang ke-pertama ini kita menjalankan ibadah shaum/puasa bagi umat muslim di seluruh tanah air indonesia ini yang yang jadwalnya telah ditetapkan oleh pemerintah. bahkan ada juga umat muslim di indonesia ini yang memulai ibadah puasanya dimulai 1, 2 hari yang lalu. nah pada kesempatan ini sedikit saya akan menjelaskan beberapa hal-hal penting yang harus diketahui oleh seseorang yang sedang berpuasa. diantaranya manfaat-manfaat dalam berpuasa bagi kesehatan, ketahanan, kestabilan organ tubuh kita.

pada umumnya dalam ibadah puasa adalah menahan lapar dan minum di siang hari , juga tidak itu saja yakni melawan hawa nafsu kita dalam setiap ibadah puasa/shaum yang hendak kita jalani saat ini dari mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari . tak hanya itu juga ,pada dasarnya banyak sekali manfat-manfaat yang terkandung dalam setiap seseorang yang menjalankan puasanya. yang pastinya sehat jasmani serta rohaninya pada tubuh manusia.

diantaranya 9 manfaat puasa itu diantaranya yang saya sedikit-sedikit ketahui yaitu :

  1. puasa sangat bermanfaat sekali dalam pencegahan segala penyakit-penyakit yang timbul pada tubuh diri manusia , di karenakan terlalu sering nya mengkonsmsi makanan secaa tidak teratur.
  2. mengistirahatkan beberapa organ-oragan tubuh kita , dalam setiap harinya di sibukan untuk memproduksi makanan yang sering kita makan. dengan adanya puasa, organ tubuh pun akan terasa memiliki lahan untuk beristirahat.
  3. mungkin bagi seseorang yang tubuhnya terbilang besar atau istilah umumnya yang sering kita sebut gendut. dapat menjadikan berat badan kita terasa lebih turun dibandingkan hari-hari sebelumnya. sehingga bisa ideal kembali dan normal dalam berat badannya.
  4. menjadikan pola makanan yang sering kita makan dalam sehari-harinya teratur untuk di produksi dalam tubuh kita.
  5. yang pasti dengan adanya puasa kita lebih bisa mendekatkan diri kepada sang maha pencipta, yang telah menciptakan bumi dan langit serta se isinya.
  6. memperkuat keimanan dalam setiap ibadah yang selalu kita jalani sehari-harinya. agar bisa membuat hati diri kita menjadi yakin dan lebih berhidmat kepada sang ilahi. akan segala kekuasaanya
  7. seseorang yang kesehariannya sering bangun kesiangan terus, mungkin dengan adanya ibadah puasa akan di tuntut untuk bangun lebih awal dari sebelumnya. karena disamping itu bisa menjadikan bagi ketahanan tubuh kita lerasa lebih segar dan menghilangkan dampak-dampak penyakit yang akan masuk kedalam oragan tubuh kita.
  8. dengan puasa juga kita akan dilatihan dalam pengendalian emosi-emosi kita , dalam setiap hawa nafsu yang keluar. mejadikan akan lebih bersabar. dan akan menyadari kepada orang kaum duafa yang di bawah kita.
  9. dengan berpola makan teratur. tubuh kita pun akan memproduksi secara teratur pula. sehingga akan menjadikan lebih sehat.
  10. dan yang terakhir, dengan memakan makan dan minuman yang berserat gizi yang tinggi , bisa menjadikan tubuh kita menjadi kuat, sehat dalam ketahanannya. dengan diantaranya memakan makanan buah kurma, buah-buahan seperti jeruk, apel, dan masih banyak yang lainnya. yang pasti didalam bulan puasa ini perbanyaklah makanan yang berserat manis-manis seperti kolak, dll karena menjadikan tubuh kita lebih kuat.

sebelumnya turut kita syukuri adanya ibadah puasa yang lekat kita jalani saat ini, ataupun mungki tidak hanya puasa wajib saja, bisa juga dalam ibadah puasa sunat yang sering orang-orang lakukan dalam kesehariannya. sehingga dapat memberikan hikmah. yang lebih dan membuat kta lebih menyadari serta paham akan segala perbuatan yang selama ini kita perbuat hanyalah mendorong kita menuju pintu neraka. yang setidaknya perbuatan itu tidak terasa oleh kita. maka dari itu mari kita laksanakan ibadah shaum/puasa ini dengan penuh rasa hidmat, khusyu, sehingga menjadikan barokah dan inayah tentunya bagi kesehatan tubuh kita dan rohani kita. mungkin cukup sekian dulu dari saya.



>kreasifathan<

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : hikmah serta Manfaat berpuasa bagi kesehatan

6 comments:

  1. Benar sekali sob,..sangat bermanfaat.......

    ReplyDelete
  2. @Misbahudin : iya sob, maksih yahh mampirnya ...

    ReplyDelete
  3. subhanallah,,,alangkah meruginya kalo kita tidak berpuasa. Bnyk manfaat tuk kesehatan di samping pahala yg berlimpah.

    ReplyDelete
  4. @tiktok: iya sob sangat sungguh rugi dan mengecewakan bila dalam puasa ini selalu berbuat tidak bner , thanks mampirnya

    ReplyDelete
  5. Keren artikelnya sob... Happy bloggyng. dan salam kenal sobat.

    ReplyDelete
  6. @makcum abdu: maksih sob, mksih juga ya dah berkunjung :)

    ReplyDelete