bacaan (doa) sholat tarawih


bacaan (doa) sholat tarawih - alhamdulilalah hirabbialamin semoga kita semua masih di beri kekuatan dalam menjalankan aktifitas ibadah puasa kali ini. dan bisa menjadikan hikmah bagi kita semua dan umat muslim yang menjalankan puasa pada bulan suci ramadhan 1433/H ini. baik setelah tadi saya sempat bagikan bacaan doa niat puasa dan doa niat buka puasa. pada kali ini saya sedikit akan bagikan kembali menganai hal nya doa-doa. yang pastinya doa didalam melakukan sholat tarawih, tentunya kawan-kawan semua pasti sudah mengetahui apa itu sholat tarawih. sholat tarawih yaitu sholat sunat yang dilakukan pada saat bulan suci ramadhan. yang pada umunya selalu dilaksanakan setelah menjalankan ibadah sholat isya. berikut dibawak ini adalah doa-doa yang dibaca saat melaksanakan sholat tarawih pada setiap rakaat-rakaatnya :


Bacaan pertama : ketika hendak melakukan shalat tarawih

صلّواسنة التراويح ركعتين جماعة رحم كم الله،
اللهم صل على محمد (2ء)
اللهم صل على سيدنا ومولا نامحمد


Bacaan Bilal Tarawih : Rakaat 1- 4

الخليفة الاولى امير المؤ منين سيدنا ابو بكر الصديق.
اللهم صل على محمد (2ء)
اللهم صل على سيدنا ومولا نامحمد

Alkhooliifatul uulaa amiirul mu’miniina sayyiduna abuu bakri nissiddiikh
Allahumma sholli ‘alaa muhammad (2x)
Allhumma sholli ‘alaa sayyidinaa wamaulaanaa muhammad.

Bacaan Bilal Tarawih : Rakaat 5 – 8

الخليفة الثانية امير المؤ منين سيدناعمر ابن الخطاب.
اللهم صل على محمد (2
اللهم صل على سيدنا ومولا نامحمد

Alkhooliifatuts tsaani amiirul mu’miniina sayyidunaa umar ibnu khottaab.
Allahumma sholli ‘alaa muhammad (2x)
Allhumma sholli ‘alaa sayyidinaa wamaulaanaa muhammad.

Bacaan Bilal Tarawih : Rakaat 9 – 12

الخليفة الثالثة اميرالمؤمنين سيدنا عثمان ابن عفان.
اللهم صل على محمد (2
اللهم صل على سيدنا ومولا نامحمد

Bacaan Bilal Tarawih : Rakaat 13 – 16

الخليفة الرابعة اميرالمؤمنين سيدناعلى ابن ابى طالب.
اللهم صل على محمد (2
اللهم صل على سيدنا ومولا نامحمد

Alkhooliifatur raabi’ata amiirul mu’miniina sayyidunaa ‘ali ibnu abi thoolib.
Allahumma sholli ‘alaa muhammad (2x)
Allhumma sholli ‘alaa sayyidinaa wamaulaanaa muhammad.

Bacaan Doa Shalat Tarawih (Rakaat terakhir / 20)

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ : اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًايُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ , اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ , اَللَّهُمَ اجْعَلْنَا بِاْلاِيْمَانِ كَمِلِيْنَ , وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْن . وَللِصَّلاَةِحَافِظِيْنَ , وَللِزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ , وَلِمَاعِنْدَكَ طَالِبِيْنَ , وَلِعَفْوِكَ رَاجِيِّنَ , وَبِاْلهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ , وَعَنِ اللَّغْوِمُعْرِضِيْنَ , وَفىِ الدُّنْيَازَاهِدِيْنَ , وَفىِ اْلاخِرَةِرَاغِبِيْنَ , وَبِالْقَضَاءِرَضِيْنَ , وَبِالنَّعْمَاءِشَاكِرِيْنَ , وَعَلىَ اْلبَلاَءِصَابِرِيْنَ , وَتَحْتَ لِوَءِ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍصَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ , وَاِلىَ اْلحَوْضِ وَارِدِيْنَ , وَاِلىَ اْلجَنَّةِدَلخِلِيْنَ , وَمِنَ النَّارِنَاجِيْنَ , وَعَلَ سَرِيْرِاْلكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ , وَمِنْ حُوْرِاْلِعَيْنِ مُتَزَوِّجِيْنَ , وَمِنْ سُنْدُ سٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَّدِيْبَاحٍ مُتَلَبِّسِيْنَ , وَمِنْ طَعَامِ اَلجَنَّةِ آ كِلِيْنَ وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًى شَارِبِيْنَ , بِاَكْواَبٍ وِّاَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِنْ مَعِيْن , مَحَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِْدِّ يْقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِوَالصَّلِحِيْنَ , وَحَسُنَ اُولَئِكَ رَفِيْقًا , ذَلِكَ اْلَفَضْلُ مِنَ الله وَكَفىَ بِاللهِ عَلِيْم ً , اِنَّ الله وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِيّ يَاَيُّهَاالَّذِ يْنَ اَمَّنُواصَلُّواعَلَيْهِ وَسَلِّمُوْاتَسْلِيْمَا وَصَلَّى الله عَلَ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍوَّعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَاْلحَمْدُ لله رَبِّالْعَالَمِيْن .

Kemudian dilanjutkan dengan Shalat Witir 3 Rakaat.
Bacaan bilal shalat witir 2 rakaat.


صلوا سنة الوتر ركعة جماعة أثابكم الله


Bacaan bilal shalat witir 1 rakaat.


صلوا سنة الوتر ركعة مع القنوت أثابكم الله

dengan keterangan dibawah ini :
  • pada saat praktiknya, bacaan bilal tarawih tidak harus pada rakaat-rakaat seperti diatas. Jadi sesuaikan saja dengan lokasi Anda (bagaimana umumnya)
  • pada Bacaan bilal witir yang terakhir (disertai qunut) biasanya setelah tanggal 15 ramadhan atau 10 hari terakhir ramadhan.


mungkin itu yang bisa saya bagikan tentang doa , dalam niat berpuasa serta doa niat berbuka puasa. cukup sekian dulu pada kesempatan ini. semoga memberikan hikmah yang besar dalam menjalankan ibadah puasa kita pada bulan ramadhan yang penuh berkah dan inayah ini. semoga di beri kelancaran serta kekuatan untuk semua kawan-kawan fathan semuanya dalam setiap mengahadapi ujian, cobaan , maupun godaan di bulan suci ramadhan ini. amin ya rabbal alamin


>kreasi-fathan<

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : bacaan (doa) sholat tarawih

6 comments:

  1. maksih sob .postingan yang sangat berguna

    ReplyDelete
  2. @dens: sama-sama sob , semoga bermanfaat ^_^

    ReplyDelete
  3. Assalaamu'alaikum .wb, Alhamdulillah, semoga Postingan anda menjadikan berkah dan Manfaat dunia akhirat, slam kenal dan salam pewrsaudaraan dari kami ya? Wassalaamuaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  4. @Software SMS : walikusalam wr.wb , amin ya allah ya rabballalamin . salam kenal juga gan

    @elwachied: silahkan gan, asal cantumin aja link yg mnuju ke blog ininya...

    ReplyDelete
  5. makasii postingannya :) sangat bermanfaat

    ReplyDelete