5 tips ramadhan(sehat)

tips ramadhan, tips sehat tubuh saat puasa, puasa sehat,

5 tips ramadhan (sehat) - tidak terasa sudah kita menjalani ibadah puasa kita hari demi hari, dan hari sudah menginjak pertengahan di bulan puasa yang penuh berkah ini. pada kesepatan ini yang akan sedikit bagikan beberapa tips ramadhan sehat.

1. Makan makanan yang berserat karbohidrat-gizi tinggi
kenapa makanan yang berserat karbohidrat dijadikan sebagai nilai yang paling penting untuk kesehatan tubuh kita? karena didalam makanannya tersebut terdapat banyak sekali protein-protein, gizi, bahkan energi yang akan membantu kondisi tubuh kita disaat menjalankan puasa ini. banyak sekali diantaranya makanan-makanan yang berserat karbohidrat tinggi seperti tempe, tahu, nasi, sayur-sayuran, daging, roti.


2. makanan yang manis-manis
sangatlah penting sekali manfaat makanan yang manis-manis bagi kesehatan dan kekuatan tubuh kita, karena sebuah glukosa/gula dapat membantu dalam memperkuat energi kita saat puasa. tak hanya itu ada juga yaitu buah kurma. sangat dianjurkan sekali saat-saat puasa sekarang ini memakan buah kurma karena didamping membuat tubuh kita kuat dan juga menjadi sunnah rasullulah.saw yang dianjurkan kepada umat nya.


3. hindari makanan berminyak berlebihan
diusahakan dalam menjalankan ibadah puasa kita , alangkah baiknya untuk mengurangi dulu makanan yang berbau minyak. karena akan membuat tenggorokan kita kering, serta saat makanan dicerna biasanya akan memperlambat pencernaannya.


4. banyak minum air putih saat sahur-buka puasa
ini dia tips yang paling ampuh yang sangat saya sendiri telah mengalaminya, dengan misalnya kita ibaratnya sahur dengan 1 gelas air saja, kita akan bisa bertahan puasa nya sampai buka puasa nanti. kenapa? karena air merupakan sumber protein yang bagus sekali untuk tubuh kita. serta untuk menghindari dehidrasi, panas didalam, serta melancarkan buang air kecil dan buang air besar. karena bila panas didalam tenggorakan kita biasanya bila panas didalam bisa kering itu semua diakibatkan karena kurang minum saat sahur.


5. rutin menjalankan aktifitas olahraga
olahraga disini maksudnya bukan berarti kita mesti olahraga di pagi hari, ^_^ bisa-bisa bila kita berolahraga pagi hari yang ada pengennya haus nanti dan ingin minum. olahraga disini maksudnya. berolahraga di sore hari menjelang buka puasa seperti melaksanakan aktifitas senam santai, joging santai, badminton, dll. bukan berarti bermain sepak bola yah, bisa juga sebenarnya namun dengan bermain bola kita tubuh kita akan menguras banyak enrgi dan akhir-akhirnya kita membutuhkan air minum. hehe


mungkin dari ke kelima tips diatas bisa membantu kelancaran ibadah puasa kita untuk kedepannya, dan semoga amalan serta puasa yang kita jalani saat ini di ridhoi dan di berkahi. amin


>Kreasi-fathan<

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 tips ramadhan(sehat)

0 comments:

Post a Comment