hikmah hari raya idul fitri

lebaran, hari raya idul fitri, idul fitri, makanan hari raya, kegiatan hari raya, makna hari raya idul ftri

hikmah hari raya idul fitri - alhamdulilah hirabbil alamin bulan ramdhan 1433 waktu demi waktu akan segera berakhir, dan hari raya idul fitri sudah di ujung muka, sorak-sorak suara asma allah sudah tidak sabar untuk dinanti oleh semua umat muslim didunia ini, dan yang paling di sebut umumnya oleh semua umat muslim di indonesia ini yaitu disebut dengan hari lebaran. saat saatnya sanak saudara, keluarga besar ibu bapak, anak, cucu, menantu, serta semua keluarga besar berkumpul menuju kebahagian di hari yang fitri dan suci ini. bermohon maaf antar semuanya, karena setiap manusia pasti memiliki banyak salah dan dosa. adapun dibawah ini merupakan hikmah di hari yang fitri ini

Idul fitri adalah hari kemenangan besar yang mengembalikan manusia pada fitrahnya (kesucianya) dimana jiwa kembali bersih karena dibasuh dengan ibadah, fitrah dan saling memaafkan. serta rezeki yang kita miliki telah dicuci pula dengan zakat.

Kembali kepada kesucian artinya dengan merayakan Idul Fitri ini kita mendeklarasikan kesucian kita dari berbagai dosa sebagai buah dari ibadah sepanjang bulan Ramadan ini. Pada Idul Fitri ini, manusia yang taat pada takdir Allah akan meyakini tibanya kembali fitrah dari diri yang kerap diimajinasikan dengan ungkapan kala itu ba' terlahir kembali. Dan, bila kita bersedia menerima fitrah yang ada di hari besar ini serta menerjemahkan dengan pikiran dan bahasa sederhana.

dan ada juga mengenai perayaan Idul Fitri yang berbeda waktunya janganlah dijadikan perdebatan dan masalah besar. Sebaliknya, terimalah perbedaan itu sebagai rahmat dan tetap menjalin tali silaturahmi. karena semuanya pasti kembali pada allah.swt juga, karena islam itu harus bersatu mambangun ukhuwah yang tinggi agar terlihat di mata dunia ini.

Selama bulan Ramadhan, jiwa, ruh, dan hati umat benar-benar telah terasah dengan amal-amal kebajikan, sehingga hati mereka yang merupakan wadah ketakwaan semakin terbuka lebar dan luas guna lebih mengembangkan dan meningkatkan kualitas takwa yang sudah diperoleh selama beribadah di bulan Ramadan, "Mereka itulah orang-orang yang telah diuji hati mereka oleh Allah untuk bertakwa" (QS [al-Hujurat] 49 : 3).


mungkin hanya itu hikmah dari hari raya idul fitri, semoga kita harus bisa terjalinnya silaturahmi yang kuat, agar menjadi umat muslim yang bersatu, saling menghargai, dan saling bisa maaf memaafkan baik itu antar sesama umat muslim maupun antar beda agama juga kita harus saling menghargai satu sama lainnya. karena kita hidup di alam dunia ini bukanlah untuk mengurusi perdebatan terus yang paling harus di jaga itu kebersamaan, kekompakan, dalam membangun ukhuwah itu sendiri. semoga bermanfaat minal aidzin wallfaidzin , kreasi fathan mengucapkan mohon maaf lahir dan batin. thanks for visiting .. thanks before for you, sobat ...



>Kreasi Fathan<

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : hikmah hari raya idul fitri

1 comments:

  1. Selamat hari raya idul fitri. mohon maaf lahir dan batin

    ReplyDelete